Pendapat Marquez Setelah Disalahkan Atas Kematian Sepupu Mavercik Vinales

Pendapat Marquez Setelah Disalahkan Atas Kematian Sepupu Mavercik Vinales

mobw.net – Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dijadikan kambing hitam atau pihak yang disalahkan atas kematian sepupu Maverick Vinales, Dean Berta Vinales. Marc Marquez dinilai secara tidak langsung berperan atas insiden menyedihkan yang terjadi di Sikuit Jerez, Spanyol, pada Sabtu (25/9/2021) tersebut.

Kala itu, Dean Berta Vinales yang tampil dalam ajang WorldSSP300 mengalami kecelakaan beruntun di Tikungan 1 Sirkuit Jerez, Spanyol. Insiden tersebut membuat balapan langsung dihentikan. Sementara, Dean Berta Vinales mendapat perawatan dan dilarikan ke clinical facility dekat Sirkuit Jerez.

Namun, nyawa pebalap Vinales Racing Group itu tidak bisa terselamatkan akibat cedera yang dialami setelah kecelakaan. Dean Berta Vinales mengalami cedera paling parah di bagian dada dan kepala. Dia meninggal dunia pada usia 15 tahun.

Setelah insiden, pebalap Globe Supersport, Michel Fabrizio, mengumumkan pengunduran dirinya sebagai bentuk protes terhadap sistem keselamatan di sirkuit. Pada saat bersamaan, Michel Fabrizio juga membawa-bawa nama Marc Marquez.

Michel Fabrizio menilai, Marc Marquez punya andil di balik insiden berbahaya saat balapan, termasuk yang kali terakhir menimpa Dean Berta Vinales. Hal itu tak terlepas dari gaya balap agresif yang dimiliki Marc Marquez.

Michel Fabrizio menyebut gaya balap agresif milik Marc Marquez telah diikuti oleh para pebalap muda. Pembalap muda menjadi berlebihan saat menyalip, tanpa memikirkan risiko terhadap diri sendiri maupun biker lain.

“Bertahun-tahun lalu, ketika Marquez masuk ke kelas MotoGP, Valentino Rossi dikritik karena mengeluhkan manuver Marquez. Dia kini benar.” “Marc telah menjadi referensi para pebalap muda.

Mereka meniru gerakannya, menyalip terlalu banyak, menempel lawan mereka, mempertaruhkan setiap inci,”tulis Fabrizio di akun Instagram pribadinya. Marc Marquez sebagai pihak yang disalahkan, angkat bicara dalam konferensi pers menjelang MotoGP Americas 2021, akhir pekan ini.

Pebalap berjulukan Child Alien itu tak berkata banyak. Namun, dia menyayangkan pernyataan Fabrizio yang muncul di dengah suasana duka. “Pertama-tama saya ingin memberikan semua dukungan kepada Maverick dan keluarga Vinales, karena saya mengenal mereka dan ini adalah situsi yang sulit,”kata Marquez, dikutip dari Motorsport.

“Ini adalah musim yang sulit dan menyedihkan bagi dunia balap electric motor,” ujar Marquez. “Ketika saya membaca dan mendengar komentar itu, saya tidak mengerti, bagaimana seorang pebalap bisa mengucapkan kata-kata seperti itu pada musim yang sulit dan menyedihkan di dunia balap motor ini,” tutur Marquez.

Lebih lanjut, Marquez mengatakan bahwa yang terpenting saat ini adalah memikirkan cara mengurangi risiko selama balapan. Dia pun tampak tak ingin peristiwa menyedihkan kembali terjadi dalam dunia balap motor.

“Saya tidak ingin membuang waktu untuk mengomentari pernyataan itu, tetapi langkah terbaik saat ini adalah memahami dan mencoba menganalisis dengan baik untuk meningkatkan keselamatan di masa depan,”ucap Marquez. “Tentu saja, risiko akan selalu ada di dunia balap electric motor. Namun, kami harus memahami bagaimana cara mengurangi risiko itu,”tutur Marquez menjelaskan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *