Liga 1 2021 Indonesia Berpeluang Tanpa Degradasi, PSSI Mengakui Hal ini

Direktur PT LIB: Jadwal Liga 1 2020 Bergulir Lagi Mulai 1 November - Sport  Tempo.co

Mobw.net – Persiapan menuju Liga 1 2021 terus dikebut. Usai meyakinkan pemerintah dan kepolisian sepak bola bisa digelar di masa pandemi using turnamen Piala Menpora 2021, federasi berupaya bergegas merealisasikan kompetisi.

Namun demikian, muncul sejumlah wacana untuk mengubah beberapa regulasi, di antaranya adalah peniadaan degradasi. Keputusan itu sejatinya hendak dipakai pada musim 2020, tetapi tak terealisasi menyusul kompetisi dihentikan.

Nah, menyongsong musim baru yang diagendakan pada 3 Juli mendatang, wacana tersebut kembali muncul. Angin pun semakin berembus kencang manakala anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, mengamini munculnya wacana tersebut.

Kemungkinan ke arah sana (Liga 1 2021 tanpa degradasi), ada. Kemarin obrolan saya dengan teman-teman [Exco] di Solo, saya termasuk yang menolak. Tapi, dikasih gambaran, kondisinya ini bukan permanen, ini sifatnya temporer, setelah normal, kembali lagi,”ujar Hasani.

Jika regulasi Liga 1 2021 tanpa degradasi disetujui, maka Liga 1 musim 2022 akan diikuti oleh 20 klub yang terdiri dari 18 klub Liga 1 dan dua klub promosi dari Liga 2 2021.

“Kalau misalnya dirombak [18 klub jadi 20 klub di Liga 1 2022] ada pasal di Statuta PSSI yang mesti diubah. Kalau enggak salah, Pasal 27 soal Hak Suara. Hak suara itu kan Liga 1 [sebanyak] 18 tim, Liga 2 ada 24 tim, dan itu kan mesti diubah,”kata Hasani.

“Tapi, kalau sifatnya temporer, itu hanya bisa kami bikin adendum saja. Tapi, saya bilang juga ke teman-teman di Solo, jangan diputuskan sebelum Kongres PSSI, karena kan Kongres PSSI sebentar lagi, kan? Jadi di Kongres PSSI saja diputuskan, karena secara lawful didukung oleh semua pemilik suara,”ucapnya.

Sejumlah program terkait Liga 1 dan Liga 2 2021, lanjut Hasani, akan terlebih dahulu dibahas dalam rapat Exco PSSI yang diagendakan berlangsung pada Senin (3/5) mendatang.
Sementara, Kongres Tahunan PSSI dijadwalkan pada 29 Mei 2021 mendatang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *